RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs : MTs Negeri Umbulsari
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VIII / 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kompetensi
4. Memahami ketentuan pengeluaran harta diluar zakat
B. Kompetensi Dasar
4.1 Mempraktekkan shadaqah, hibah dan hadiah
C. Indikator
Kognitif
Membiasakan mengeluarkan shadaqah, hibah, hadiah dan dalilnya
Afektif
§ Karakter: Religius, Peduli sosial, Rasa ingin tahu, kritis, dan logis, jujur, dan bertanggung jawab, serta berperilaku santun
§ Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain
D. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa membiasakan mengeluarkan shadaqah, hibah, hadiah dan dalilnya
E. Materi Pembelajaran
§ Praktek Bazis
F. Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian shadaqah, hibah, dan hadiah
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Demontrasi : Metode ini digunakan untuk mempraktikan berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
G. Langkah-langkah Pembelajaran
A.
Tahapan Kegiatan | Uraian Kegiatan | Karakter |
Kegiatan awal (10 Menit) | Salam Pembuka : a. Salam hangat dan apa kabar b. Membaca al-fatihah, surat pendek dan berdoa c. Guru mengamati kebersihan dan ketertiban kelas serta melakukan pengecekan kehadiran peserta didik, tentang kegiatan piket dan kebersihan kelas d. Menjelaskan kompetensi yang akan dibahas Apersepsi : § Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan mengaitkan dengan materi shadaqah, hibah, dan hadiah Motivasi : § Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shadaqah, hibah, dan hadiah dan tatacaranya. | Religius, disiplin dan antusias Peduli lingkungan dan tanggungjawab Hormat kepada guru ingin tahu, berfikir kritis, kreatif kreatif dan antusias |
Kegiatan Inti (60 Menit) | 1. Eksplorasi · Siswa dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok · Guru mendemontrasikan praktik pelaksanaan shadaqoh, hibah dan hadiah · Tiap kelompok mengindentifikasi cara membiasakan diri memberi shodaqoh, hibah dan hadiah · Tiap kelompok mendiskusikan cara menpraktikan shodaqoh, hibah dan hadiah 2. Elaborasi dan Konfirmasi
| (bersahabat dan komunikatif) (Percaya diri) ( kerja sama) (Berani, Percaya diri dan tanggung jawab) (rasa ingin tahu dan taat aturan) |
Kegiatan akhir (10 Menit) | 1. Guru menyimpulkan kembali tentang inti pembelajaran dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari. 2. Evaluasi: Tanya jawab secara lisan dan tes tulis 3. Refleksi: Bertanya tentang kekurangan pembelajaran hari ini 4. Tindak lanjut (penugasan) guru memberikan pekerjaan rumah 5. Do'a kafaratul majlis 6. Salam (Ma'as salamah) | religius percaya diri dan tanggungjawab Jujur, rasa ingin tahu dan peduli Gemar membaca, dan tanggung jawaban taat aturan religius |
H. Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Al Qur’an terjemahan dan hadits
§ Buku Penerapan Fiqih 3 untuk kelas VIII Madrasah Tsanawiyah, karya T. Ibrahim- H. Darsono Terbitan Tiga serangkai
§ Bahan: LKS, Bahan Presentasi
I. Penilaian
Tes Produk
Indikator Pencapaian | Jenis Penilaian | Bentuk Penilaian | Contoh Instrumen |
§ Siswa dapat membiasakan diri melaksanakan Shadaqah, Hibah dan Hadiah | Unjuk kerja | Uraian | § Bagaimanakah cara agar kita bisa membiasakan diri melaksanakan Shadaqah, Hibah dan Hadiah! |
Mengetahui Kepala Madrasah Drs. Syaiful Anwar, M.Pd NIP. 196410121992031003 | Umbulsari, 17 Januari 2012 Guru Mata Pelajaran Fiqih Moh. Badrus Sholeh, S.Pd.I NIP.19800417 200901 1 009 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar