RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MTs : MTs Negeri Umbulsari Jember
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : VII/2
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)
Pertemuan : 1
A Standar Kompetensi :
4. Memahami Asmaul Husna
B Kompetensi Dasar :
4.1 Menguraikan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
C Indikator
1. Kognitif
§ Menjelaskan (C2) pengertian Asma’ul Husna
§ Menyebutkan (C1) arti 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
§ Menyebutkan (C1) dalil yang berkaitan dengan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
§ Menggali (C3) isi kandungan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
§ Dapat menyimpulkan (4) 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
2. Afektif
a. Karakter
§ Religius (Taat, Tidak mudah putus asa, Istighfar, Tobat, Tawadhu’, qonaah, tidak tamak, syukur, dermawan, ihsan, shiddiq, adil, tadabbur dan tafakkur)
§ Disiplin
§ Jujur
§ Menghargai
§ Bertanggung Jawab
§ Adil
§ Peduli sosial
b. Keterampilan Sosial
§ Bertanya
§ Memberikan ide atau pendapat
§ Menjadi pendengar yang baik
§ Kerja sama
D Tujuan Pembelajaran :
1. Tujuan Kognetif
Melalui proses pembelajaran ini siswa dapat :
§ Menjelaskan (C2) pengertian Asma’ul Husna
§ Menyebutkan (C1) arti 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
§ Menyebutkan (C1) dalil yang berkaitan dengan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
§ Menggali (C3) isi kandungan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
§ Dapat menyimpulkan (4) 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
2. Tujuan Afektif
a. Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, dan siswa diberi kesempatan melakukan penilaian diri terhadapkesadaran dalam menunjukkan karakter:
§ Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter dapat religius. Diantaranya siswa berkarakter taat, tidak mudah putus asa, Istighfar, Tobat, Tawadhu’, qonaah, tidak tamak, syukur, dermawan, ihsan, shiddiq, adil, tadabbur dan tafakkur
§ Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter rasa ingin tahu dan antusias terhadap materi pelajaran dan hal-hal baru yang belum diketahui.
§ Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter Berfikir kritis dan kerja keras. Diantaranya berfikir kritis dan tidak mudah menyerah dalam tafakkur menemukan tanda-tanda kebesaran Allah melalui 10 sifat asma’ul husna.
§ Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter Berani dan Mandiri diantaranya berani memimpin, berani menyampaikan ide, dan berani menjelaskan ke teman-temannya yg lain berfikir kritis dan tidak mudah menyerah dalam tafakkur menemukan tanda-tanda kebesaran Allah melalui 10 sifat asma’ul husna
§ Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter Bersahabat, komunikatif dan Kerjasama. Diantaranya siswa memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan siswa lainnya.
§ Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter dapat dipercaya. Diantaranya siswa jujur, mampu mengikuti komitmen, mencoba melakukan tugas yang diberikan, menjadi teman yang baik dan membantu orang lain.
§ Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter menghargai. Diantaranya siswa memperlakukan teman/guru dengan baik, sopan dan hormat, peka terhadapperasaan orang lain, tidak pernah menghina atau mempermainkan teman/guru, tidak pernah mempermalukan teman/guru.
§ Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter tanggung jawab individu. Diantaranya siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, dapat dipercaya/diandalkan, tidak pernah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannya.
§ Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter tanggung jawab sosial. Diantaranya siswa mengerjakan tugas kelompok untuk kepentingan bersama, secara suka rela membantu teman/guru.
§ Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter adil. Diantaranya siswa tidak pernah curang, menyontek hasil kerja siswa/kelompok lain, bermain/berbuat berdasarkan aturan, tidak pernah mengambil keuntungan dari yang lain.
§ Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter peduli. Diantaranya siswa peka terhadapperasaan orang lain, mencoba untuk membantu siswa/guru yang membutuhkan..
b. Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, siswa diberi kesempatan melakukan penilaian diri terhadapkesadaran dalam menunjukkan keterampilan sosial:
§ Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif mengajukan pertanyaan.
§ Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif memberikan ide atau pendapat.
§ Dalam proses pembelajaran di kelas, siswa dapat menjadi pendengar yang baik.
§ Dalam diskusi kelompok, siswa dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok.
E Materi Pembelajaran :
1. Pengertian Asma’ul Husna
2. Dalil Tentang Asmaul Husna
3. Arti 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
4. Dalil yang berkaitan dengan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
5. Isi kandungan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
F Pendektan, Metode dan Model Pembelajaran :
Pendekatan : PAIKEM
Metode : Cooperative Learning
Model : Jigsaw
Teknik : Diskusi, penugasan/resitasi, presentasi
G Langkah-langkah Pembelajaran
Tahap Kegiatan | Aktivitas Peserta didik/Guru |
A. Pendahuluan (10 Menit) | a. Salam hangat dan apa kabar (religius, disiplin dan antusias) b. Membaca al-fatihah, surat pendek dan berdoa (religius, disiplin dan taat aturan) c. Guru mengamati kebersihan dan ketertiban kelas serta melakukan pengecekan kehadiran peserta didik, tentang kegiatan piket dan kebersihan kelas (Disiplin, Peduli lingkungan dan tanggungjawab) d. Menjelaskan kompetensi yang akan dibahas (hormat kepada guru) e. Apersepsi: Guru menanyakan materi pembelajaran minggu yang lalu, yang terkait dengan materi pembelajaran minggu ini. (berfikir kritis, ingin tahu, kreatif) f. Motivasi (kreatif dan antusias) |
B. Inti (55 Menit) | 1. Ekspositori: Guru menyampaikan materi pengertian Asmaul husna dan dalilnya (rasa ingin tahu dan antusias). 2. Eksplorasi
3. Elaborasi dan Konfirmasi
|
C. Penutup (20 Menit) | 1. Guru menyimpulkan kembali tentang inti pembelajaran dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari. (religius) 2. Evaluasi: Tanya jawab secara lisan dan tes tulis (percaya diri, tanggungjawab dan taat aturan) 3. Refleksi: Bertanya tentang kekurangan pembelajaran hari ini (Jujur, rasa ingin tahu dan peduli social) 4. Tindak lanjut (penugasan) guru memberikan pekerjaan rumah (Gemar membaca, kerja keras dan tanggung jwaba) 5. Do'a kafaratul majlis (taat aturan) 6. Salam (Ma'as salamah) (religius) |
H Sumber Pembelajaran
1. Al-Qur’an dan terjemahnya
a. Buku Membangun Aqidah dan Akhlak kls VII, Karya T. Ibrahim dan H. Darsono Terbitan Tiga Serangkai Solo
b. LKS Al-Azhar Terbitan CV Putra Kembar Jaya
I Assessment/ Penilaian
1. Tes Lisan dan tertulis tertulis bentuk uraian
Indikator Pencapaian | Jenis Penilaian | Bentuk Penilaian | Contoh Instrumen |
Ø Menjelaskan pengertian Asma’ul Husna Ø Menyebutkan dalil yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna Ø Menyebutkan arti 10 Asmaul Husna Ø Menjelaskan isi kandungan 10 Asma’ul Husna | Tes Lisan Tes Lisan Tes tulis | Uraian Uraian Jawab singkat | Ø Jelaskan pengertian Asma’ul Husna menurut bahasa dan istilah? Ø Sebutkan dalil yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna ? Ø Jelaskan arti 10 Asma’ul Husna? Ø Jelaskan isi kandungan 10 Asma’ul Husna |
2. Tes proses
INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF ”DISKUSI KELOMPOK”
No | Nama peserta didik | Indikator Perilaku yang dinilai | Jumlah Skor | |||||
Tangg. Jawab | Kerja sama | Kedisiplinan dalam diskusi | Kesopanan | Menghargai pendapat teman | Kejujuran | |||
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
Keterangan:
Indikator 1 Sangat bertanggung jawab skor 4
Bertanggung jawab skor 3
Kurang bertangg jawab skor 2
 $3B Tidak bertanggung jawab skor 1
Indikator 2 Selalu bekerja sama skor 4
Bekerjsama skor 3
Kurang bekerja sama skor 2
Tidak mau bekerjsama skor 1
Indikator 3 Sangat disiplin dlm diskusi skor 4
Disiplin dalam berdiskusi skor 3
Kurang disiplin dalam berdiskusi skor 2
Tidak disiplin dlm bekerja sama skor 1
Indikator 4-6 tingkatannya sama dengan di atas.
Jumlah skor maksimum seluruh indikator perilaku = 4 X 6 = 24
Jumlah skor minimum seluruh indikator perilaku = 1 X 6 = 6
Nilai ideal = 100
Misalnya siswa, jumlah skor = 20, maka nilai afektif diperoleh siswa tersebut adalah:
Untuk memperoleh generalisasi gambaran perilaku siswa tersebut, maka digunakan penggolongan atau menggunakan kelas interval, misal:
90 - 100 = A (sangat baik)
80 - 89 = B (baik)
70 - 79 = C (cukup baik)
60 - 69 = D (kurang baik).
Dari hasil penilaian tersebut disimpulkan siswa tersebut tergolong: Baik
Mengetahui Kepala Madrasah Drs. Syaiful Anwar, M.Pd NIP. 196410121992031003 | | Umbulsari .......................... Guru Mata Pelajaran Agidah Akhlak Moh. Badrus Sholeh, S.Pd.I NIP.19800417 200901 1 009 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar