Kamis, 12 Januari 2012

RPP BERKARAKTER AQIDAH AKHLAK KELAS VII SEMESTER 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MTs                            : MTs Negeri Umbulsari Jember
Mata Pelajaran        : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester      : VII/2
Alokasi Waktu         : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)
Pertemuan               : 1

A       Standar Kompetensi   :  
4. Memahami Asmaul Husna   
                             
B      Kompetensi Dasar      :
4.1 Menguraikan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
C      Indikator
1.      Kognitif
§    Menjelaskan (C2) pengertian Asma’ul Husna
§    Menyebutkan  (C1) arti  10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
§    Menyebutkan (C1) dalil yang berkaitan dengan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
§    Menggali (C3) isi kandungan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
§    Dapat menyimpulkan (4) 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
2.      Afektif
a. Karakter
§         Religius (Taat, Tidak mudah putus asa, Istighfar, Tobat, Tawadhu’, qonaah, tidak tamak, syukur, dermawan, ihsan, shiddiq, adil, tadabbur dan tafakkur)
§         Disiplin
§         Jujur
§         Menghargai
§         Bertanggung Jawab
§         Adil
§      Peduli sosial
b.     Keterampilan Sosial
§     Bertanya
§     Memberikan ide atau pendapat
§     Menjadi pendengar yang baik
§     Kerja sama
D      Tujuan Pembelajaran :
1. Tujuan Kognetif
 Melalui proses pembelajaran ini siswa dapat   :       
§        Menjelaskan (C2) pengertian Asma’ul Husna
§        Menyebutkan  (C1) arti  10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
§        Menyebutkan (C1) dalil yang berkaitan dengan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
§        Menggali (C3) isi kandungan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
§        Dapat menyimpulkan (4) 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
2. Tujuan Afektif
a.      Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, dan siswa diberi kesempatan melakukan penilaian diri terhadapkesadaran dalam menunjukkan karakter:
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter dapat religius. Diantaranya siswa berkarakter taat, tidak mudah putus asa, Istighfar, Tobat, Tawadhu’, qonaah, tidak tamak, syukur, dermawan, ihsan, shiddiq, adil, tadabbur dan tafakkur
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter rasa ingin tahu dan antusias terhadap materi pelajaran dan hal-hal baru yang belum diketahui.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter Berfikir kritis dan kerja keras. Diantaranya  berfikir kritis dan tidak mudah menyerah dalam tafakkur  menemukan tanda-tanda kebesaran Allah melalui 10 sifat asma’ul husna.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter Berani dan Mandiri diantaranya berani memimpin, berani menyampaikan ide, dan berani menjelaskan ke teman-temannya yg lain  berfikir kritis dan tidak mudah menyerah dalam tafakkur  menemukan tanda-tanda kebesaran Allah melalui 10 sifat asma’ul husna
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter Bersahabat, komunikatif dan Kerjasama. Diantaranya siswa memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan siswa lainnya.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter dapat dipercaya. Diantaranya siswa jujur, mampu mengikuti komitmen, mencoba melakukan tugas yang diberikan, menjadi teman yang baik dan membantu orang lain.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter menghargai. Diantaranya siswa memperlakukan teman/guru dengan baik, sopan dan hormat, peka terhadapperasaan orang lain, tidak pernah menghina atau mempermainkan teman/guru, tidak pernah mempermalukan teman/guru.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter tanggung jawab individu. Diantaranya siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, dapat dipercaya/diandalkan, tidak pernah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannya.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter tanggung jawab sosial. Diantaranya siswa mengerjakan tugas kelompok untuk kepentingan bersama, secara suka rela membantu teman/guru.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter adil. Diantaranya siswa tidak pernah curang, menyontek hasil kerja siswa/kelompok lain, bermain/berbuat berdasarkan aturan, tidak pernah mengambil keuntungan dari yang lain.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter peduli. Diantaranya siswa peka terhadapperasaan orang lain, mencoba untuk membantu siswa/guru yang membutuhkan..
b.     Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, siswa diberi kesempatan melakukan penilaian diri terhadapkesadaran dalam menunjukkan keterampilan sosial:
§      Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif mengajukan pertanyaan.
§      Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif memberikan ide atau pendapat.
§      Dalam proses pembelajaran di kelas, siswa dapat menjadi pendengar yang baik.
§      Dalam diskusi kelompok, siswa dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok.
E       Materi Pembelajaran    :
1.      Pengertian Asma’ul Husna
2.      Dalil Tentang Asmaul Husna
3.      Arti  10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
4.      Dalil yang berkaitan dengan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
5.      Isi kandungan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)

F       Pendektan, Metode dan Model Pembelajaran :
Pendekatan        : PAIKEM
Metode                 : Cooperative Learning
Model                   : Jigsaw
Teknik                  :  Diskusi,  penugasan/resitasi, presentasi

G      Langkah-langkah Pembelajaran

Tahap Kegiatan
Aktivitas Peserta didik/Guru
A.  Pendahuluan
(10  Menit)
a.      Salam hangat dan apa kabar  (religius, disiplin dan antusias)
b.      Membaca al-fatihah, surat pendek dan berdoa (religius, disiplin dan taat aturan)
c.      Guru mengamati kebersihan dan ketertiban kelas serta melakukan pengecekan kehadiran peserta didik,  tentang kegiatan piket dan kebersihan kelas (Disiplin, Peduli lingkungan dan tanggungjawab)
d.      Menjelaskan kompetensi yang akan dibahas (hormat kepada guru)
e.      Apersepsi: Guru menanyakan materi pembelajaran minggu yang lalu, yang terkait dengan materi pembelajaran minggu ini. (berfikir kritis, ingin tahu, kreatif)
f.        Motivasi (kreatif dan antusias)
B.  Inti
(55 Menit)
1.    Ekspositori:
Guru menyampaikan materi pengertian Asmaul husna dan dalilnya (rasa ingin tahu dan antusias).
2.    Eksplorasi
  1. Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim (bersahabat dan komunikatif)
  2. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda ( Mandiri dan Percaya diri)
  3. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan ( tanggung jawab)
  4. Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka ( kerja sama, saling menghargai, bersahabat dan komunikatif, kritis dan kerja keras)
3.    Elaborasi dan Konfirmasi
  1. Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh (Percaya diri, tanggung jawab, bersahabat dan komunikatif dan kerja sama)
  2. Tiap kelompok/tim ahli mempresentasikan hasil diskusi (Berani, Percaya diri, peduli dan  tanggung jawab)
  3. Guru memberi evaluasi (taat aturan)
C. Penutup
(20  Menit)

1.  Guru menyimpulkan kembali tentang inti pembelajaran dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari. (religius)
2.  Evaluasi: Tanya jawab secara lisan dan tes tulis (percaya diri, tanggungjawab dan taat aturan)
3.  Refleksi: Bertanya tentang kekurangan pembelajaran hari ini (Jujur, rasa ingin tahu dan peduli social)
4.  Tindak lanjut (penugasan) guru memberikan pekerjaan rumah (Gemar membaca, kerja keras dan tanggung jwaba)
5.                  Do'a kafaratul majlis (taat aturan)
6.                  Salam (Ma'as salamah) (religius)
H      Sumber Pembelajaran
1.  Al-Qur’an dan terjemahnya
a.  Buku Membangun Aqidah dan Akhlak kls VII, Karya T. Ibrahim dan H. Darsono Terbitan Tiga Serangkai Solo
b.  LKS Al-Azhar Terbitan CV Putra Kembar Jaya
I          Assessment/ Penilaian
1.      Tes Lisan dan tertulis  tertulis bentuk uraian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø      Menjelaskan pengertian Asma’ul Husna
Ø      Menyebutkan dalil yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna
Ø      Menyebutkan arti  10 Asmaul Husna
Ø      Menjelaskan isi kandungan 10 Asma’ul Husna
Tes Lisan
Tes Lisan

Tes tulis
Uraian
Uraian

Jawab singkat
Ø      Jelaskan pengertian Asma’ul Husna menurut bahasa dan istilah?
Ø      Sebutkan dalil yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna ?
Ø      Jelaskan arti 10 Asma’ul Husna?
Ø      Jelaskan isi kandungan 10 Asma’ul Husna

2.      Tes proses
INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF ”DISKUSI KELOMPOK”
No
Nama peserta didik
Indikator Perilaku yang dinilai
Jumlah
Skor
Tangg. Jawab
Kerja sama
Kedisiplinan
dalam diskusi
Kesopanan
Menghargai pendapat
teman
Kejujuran




























Keterangan:
Indikator 1  Sangat bertanggung jawab                  skor 4
                    Bertanggung jawab                                        skor 3
                    Kurang bertangg jawab                                  skor 2
         $3B           Tidak bertanggung jawab                               skor 1

Indikator 2  Selalu bekerja sama                             skor 4
                    Bekerjsama                                                    skor 3
                    Kurang bekerja sama                         skor 2
                    Tidak mau bekerjsama                                   skor 1

Indikator 3  Sangat disiplin dlm diskusi                               skor 4
                    Disiplin dalam berdiskusi                                skor 3
               Kurang disiplin dalam berdiskusi                    skor 2
               Tidak disiplin dlm bekerja sama                      skor 1
Indikator 4-6 tingkatannya sama dengan di atas.

Jumlah skor maksimum seluruh indikator perilaku = 4 X 6 = 24
Jumlah skor minimum seluruh indikator perilaku    = 1 X 6 = 6
Nilai ideal = 100
Misalnya  siswa, jumlah skor = 20, maka nilai afektif diperoleh siswa tersebut adalah:
Untuk memperoleh generalisasi gambaran perilaku siswa tersebut, maka digunakan penggolongan atau menggunakan kelas interval, misal:
90  -  100   = A (sangat baik)
80  -  89     = B (baik)
     70  -  79      = C (cukup baik)
     60  -  69      = D (kurang baik).
Dari hasil penilaian tersebut disimpulkan siswa tersebut tergolong: Baik


Mengetahui
Kepala Madrasah



Drs. Syaiful Anwar,  M.Pd
NIP. 196410121992031003

       Umbulsari ..........................
Guru Mata Pelajaran Agidah Akhlak



Moh. Badrus Sholeh, S.Pd.I
NIP.19800417 200901 1 009


Tidak ada komentar:

Posting Komentar