RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MTs : MTs Negeri Umbulsari
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : VII/2
Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)
Pertemuan ke : 2
A. Standar Kompetensi :
4. Memahami Asmaul Husna
B. Kompetensi Dasar :
4.2. Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
C. Indikator
1. Kognetif
o Menemukan (C4) kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
o Menjelaskan (C2) kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
2. Afektif
a. Karakter
§ Religius (Taat, Tidak mudah putus asa, Istighfar, Tobat, Tawadhu’, qonaah, tidak tamak, syukur, dermawan, ihsan, shiddiq, adil, tadabbur dan tafakkur)
§ Rasa ingin tahu dan antusias
§ Berfikir kritis dan kerja keras
§ Berani dan Mandiri
§ Bersahabat, komunikatif dan Kerjasama
§ Disiplin
§ Jujur
§ Menghargai
§ Bertanggung Jawab
§ Adil
§ Peduli sosial
b. Keterampilan Sosial
§ Bertanya
§ Memberikan ide atau pendapat
§ Menjadi pendengar yang baik
§ Kerja sama
D. Tujuan Pembelajaran :
1. Tujuan Kognetif
Melalui proses pembelajaran ini siswa dapat
o Dapat menemukan (C4) kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
o Dapat menjelaskan (C2) kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
1. Tujuan Afektif
a. Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, dan siswa diberi kesempatan melakukan penilaian diri terhadapkesadaran dalam menunjukkan karakter:
§ Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter dapat religius. Diantaranya siswa berkarakter taat, tidak mudah putus asa, Istighfar, Tobat, Tawadhu’, qonaah, tidak tamak, syukur, dermawan, ihsan, shiddiq, adil, tadabbur dan tafakkur
§ Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter rasa ingin tahu dan antusias terhadap materi pelajaran dan hal-hal baru yang belum diketahui.
§ Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter Berfikir kritis dan kerja keras. Diantaranya berfikir kritis dan tidak mudah menyerah dalam tafakkur menemukan tanda-tanda kebesaran Allah melalui 10 sifat asma’ul husna.
§ Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter Berani dan Mandiri diantaranya berani memimpin, berani menyampaikan ide, dan berani menjelaskan ke teman-temannya yg lain berfikir kritis dan tidak mudah menyerah dalam tafakkur menemukan tanda-tanda kebesaran Allah melalui 10 sifat asma’ul husna
§ Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter Bersahabat, komunikatif dan Kerjasama. Diantaranya siswa memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan siswa lainnya.
§ Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter dapat dipercaya. Diantaranya siswa jujur, mampu mengikuti komitmen, mencoba melakukan tugas yang diberikan, menjadi teman yang baik dan membantu orang lain.
§ Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter menghargai. Diantaranya siswa memperlakukan teman/guru dengan baik, sopan dan hormat, peka terhadapperasaan orang lain, tidak pernah menghina atau mempermainkan teman/guru, tidak pernah mempermalukan teman/guru.
§ Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter tanggung jawab individu. Diantaranya siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, dapat dipercaya/diandalkan, tidak pernah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannya.
§ Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter tanggung jawab sosial. Diantaranya siswa mengerjakan tugas kelompok untuk kepentingan bersama, secara suka rela membantu teman/guru.
§ Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter adil. Diantaranya siswa tidak pernah curang, menyontek hasil kerja siswa/kelompok lain, bermain/berbuat berdasarkan aturan, tidak pernah mengambil keuntungan dari yang lain.
§ Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter peduli. Diantaranya siswa peka terhadapperasaan orang lain, mencoba untuk membantu siswa/guru yang membutuhkan.
b. Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, siswa diberi kesempatan melakukan penilaian diri terhadapkesadaran dalam menunjukkan keterampilan sosial:
§ Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif mengajukan pertanyaan.
§ Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif memberikan ide atau pendapat.
§ Dalam proses pembelajaran di kelas, siswa dapat menjadi pendengar yang baik.
§ Dalam diskusi kelompok, siswa dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok.
E. Materi Pembelajaran :
1. Kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
F. Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran :
Pendekatan : PAIKEM
Metode : Cooperative Learning
Model : The Power of Two
Teknik : Ceramah Brainstroming, diskusi, resitasi, presentasi
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Tahap Kegiatan | Aktivitas Peserta didik/Guru |
A. Pendahuluan (10 Menit) |
|
B. Inti (55 Menit) | 1. Ekspositori: Guru menyampaikan materi pengertian Asmaul husna dan dalilnya (rasa ingin tahu dan antusias). 2. Eksplorasi
3. Elaborasi dan Konfirmasi
|
C. Penutup (15 Menit) | 1. Guru menyimpulkan kembali tentang inti pembelajaran dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari. (religius) 2. Evaluasi: Tanya jawab secara lisan dan tes tulis (percaya diri, tanggungjawab dan taat aturan) 3. Refleksi: Bertanya tentang kekurangan pembelajaran hari ini (Jujur, rasa ingin tahu dan peduli social) 4. Tindak lanjut (penugasan) guru memberikan pekerjaan rumah (Gemar membaca, kerja keras dan tanggung jwaba) 5. Do'a kafaratul majlis (taat aturan) 6. Salam (Ma'as salamah) (religius) |
· Sumber Pembelajaran
1 Al-Qur’an dan terjemahnya
2 Buku Membangun Aqidah dan Akhlak kls VII, Karya T. Ibrahim dan H. Darsono Terbitan Tiga Serangkai Solo
3 LKS Al-Azhar Terbitan CV Putra Kembar Jaya
H. Assessment/ Penilaian
1. Tes
Indikator Pencapaian | Jenis Penilaian | Bentuk Penilaian | Contoh Instrumen |
Ø Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari lingkungan sekitar. Ø Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari makhluq ciptaan-Nya | Penugasan Penugasan | Jawab singkat Jawab singkat | Ø Sebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari lingkungan sekitar. ? Ø Sebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari makhluq ciptaan-Nya ? |
2. Non Tes
INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF ”DISKUSI PANEL”
No | Nama peserta didik | Indikator Perilaku yang dinilai | Jumlah Skor | |||||
Rasional | Komunikasi Lisan | Semangat | Kerja sama | Pengendalian Emosi | Menghargai pendapat | |||
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
Keterangan:
Indikator 1 Sangat rasional skor 4
Rasional skor 3
Kurang rasional skor 2
Tidak rasional skor 1
Indikator 2 Komunikasi lisan sangat baik skor 4
Komunikasi lisan baik skor 3
Komunikasi lisan kurang skor 2
Komunikasi lisan kurang baik skor 1
Indikator 3 Sangat bersemangat skor 4
Bersemangat skor 3
Kurang bersemangat skor 2
Tidak bersemangat skor 1, dst.
Misalnya Siswa jumlah skor = 20, maka nilai afektif diperoleh siswa tersebut adalah:
Untuk mememperoleh generalisasi gambaran praktik siswa, maka digunakan pengkatagorian atau menggunakan kelas interval, misal:
90 - 100 = A (sangat baik)
80 - 89 = B (baik)
70 - 79 = C (cukup baik)
60 - 69 = D (kurang baik).
Dari hasil penilaian tersebut disimpulkan siswa tersebut tergolong: Baik
Mengetahui Kepala Madrasah Drs. Syaiful Anwar, M.Pd NIP. 196410121992031003 | | Umbulsari , 16 Januari 2012 Guru Mata Pelajaran Agidah Akhlak Moh. Badrus Sholeh, S.Pd.I NIP.19800417 200901 1 009 |
trimakasih sudah berbagi ilmu......boleh di copy kan?
BalasHapus