Jumat, 27 Januari 2012

RPP BERKARAKTER AQIDAH AKHLAK KELAS VII SEMESTER 2 PERTEMUAN KE 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MTs                            : MTs Negeri Umbulsari
Mata Pelajaran        : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester      : VII/2
Alokasi Waktu         : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)
Pertemuan ke          : 2

A.     Standar Kompetensi   :  
4. Memahami Asmaul Husna   
                             
B.    Kompetensi Dasar      :
4.2.    Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
C.    Indikator
1.  Kognetif
o       Menemukan (C4) kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
o       Menjelaskan (C2) kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
2.      Afektif
a. Karakter
§         Religius (Taat, Tidak mudah putus asa, Istighfar, Tobat, Tawadhu’, qonaah, tidak tamak, syukur, dermawan, ihsan, shiddiq, adil, tadabbur dan tafakkur)
§         Rasa ingin tahu dan antusias
§         Berfikir kritis dan kerja keras
§         Berani dan Mandiri
§         Bersahabat, komunikatif dan Kerjasama
§         Disiplin
§         Jujur
§         Menghargai
§         Bertanggung Jawab
§         Adil
§      Peduli sosial
b.     Keterampilan Sosial
§     Bertanya
§     Memberikan ide atau pendapat
§     Menjadi pendengar yang baik
§     Kerja sama
D.    Tujuan Pembelajaran :
1. Tujuan Kognetif
Melalui proses pembelajaran ini siswa dapat  
o       Dapat menemukan (C4) kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
o       Dapat menjelaskan (C2) kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
1.      Tujuan Afektif
a.  Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, dan siswa diberi kesempatan melakukan penilaian diri terhadapkesadaran dalam menunjukkan karakter:
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter dapat religius. Diantaranya siswa berkarakter taat, tidak mudah putus asa, Istighfar, Tobat, Tawadhu’, qonaah, tidak tamak, syukur, dermawan, ihsan, shiddiq, adil, tadabbur dan tafakkur
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter rasa ingin tahu dan antusias terhadap materi pelajaran dan hal-hal baru yang belum diketahui.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter Berfikir kritis dan kerja keras. Diantaranya  berfikir kritis dan tidak mudah menyerah dalam tafakkur  menemukan tanda-tanda kebesaran Allah melalui 10 sifat asma’ul husna.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter Berani dan Mandiri diantaranya berani memimpin, berani menyampaikan ide, dan berani menjelaskan ke teman-temannya yg lain  berfikir kritis dan tidak mudah menyerah dalam tafakkur  menemukan tanda-tanda kebesaran Allah melalui 10 sifat asma’ul husna
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter Bersahabat, komunikatif dan Kerjasama. Diantaranya siswa memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan siswa lainnya.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter dapat dipercaya. Diantaranya siswa jujur, mampu mengikuti komitmen, mencoba melakukan tugas yang diberikan, menjadi teman yang baik dan membantu orang lain.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter menghargai. Diantaranya siswa memperlakukan teman/guru dengan baik, sopan dan hormat, peka terhadapperasaan orang lain, tidak pernah menghina atau mempermainkan teman/guru, tidak pernah mempermalukan teman/guru.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter tanggung jawab individu. Diantaranya siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, dapat dipercaya/diandalkan, tidak pernah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannya.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter tanggung jawab sosial. Diantaranya siswa mengerjakan tugas kelompok untuk kepentingan bersama, secara suka rela membantu teman/guru.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter adil. Diantaranya siswa tidak pernah curang, menyontek hasil kerja siswa/kelompok lain, bermain/berbuat berdasarkan aturan, tidak pernah mengambil keuntungan dari yang lain.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter peduli. Diantaranya siswa peka terhadapperasaan orang lain, mencoba untuk membantu siswa/guru yang membutuhkan.
b.     Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, siswa diberi kesempatan melakukan penilaian diri terhadapkesadaran dalam menunjukkan keterampilan sosial:
§             Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif mengajukan pertanyaan.
§             Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif memberikan ide atau pendapat.
§             Dalam proses pembelajaran di kelas, siswa dapat menjadi pendengar yang baik.
§             Dalam diskusi kelompok, siswa dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok.
E.     Materi Pembelajaran    :
1.      Kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
F.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran :
Pendekatan     : PAIKEM
Metode              : Cooperative Learning
Model                : The Power of Two
Teknik               :  Ceramah  Brainstroming, diskusi, resitasi, presentasi
G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Tahap Kegiatan
Aktivitas Peserta didik/Guru
A.  Pendahuluan
(10  Menit)
  1. Salam hangat dan apa kabar  (religius, disiplin dan antusias)
  2. Membaca al-fatihah, surat pendek dan berdoa (religius, disiplin dan taat aturan)
  3. Guru mengamati kebersihan dan ketertiban kelas serta melakukan pengecekan kehadiran peserta didik,  tentang kegiatan piket dan kebersihan kelas (Disiplin, Peduli lingkungan dan tanggungjawab)
  4. Menjelaskan kompetensi yang akan dibahas (hormat kepada guru)
  5. Apersepsi: Guru menanyakan materi pembelajaran minggu yang lalu, yang terkait dengan materi pembelajaran minggu ini. (berfikir kritis, ingin tahu, kreatif)
  6. Motivasi (kreatif dan antusias)
B.  Inti
(55 Menit)
1.    Ekspositori:
Guru menyampaikan materi pengertian Asmaul husna dan dalilnya (rasa ingin tahu dan antusias).
2.    Eksplorasi
  1. Siswa melakukan perenungan (reflection) dan pemikiran (thinking)  tentang bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) (Rasa ingin Tahu, berfikir kritis dan kerja keras)
  2. Siswa diminta menjawab tertulis secara perorangan (Mandiri dan Tanggung Jawab)
  3. Siswa dikelompokkan berpasangan (dua-dua) (Bersahabat, komunikatif dan Kerjasama)
  4. Siswa saling menjelaskan dan  mendiskusikan jawaban baru (Komunikatif, kerjasama dan Peduli sosial)
3.    Elaborasi dan Konfirmasi
  1. Brainstorming (panel) membandingkan hasil diskusi kecil antar kelompok  (Kritis, Kerjasama, bersahabat, komunikatif dan toleran/menghargai)
  2. Guru mengklarifikasi apabila timbul permasalahan dan melakukan pelurusan (rasa ingin tahu dan taat aturan)
C. Penutup
(15  Menit)

1.      Guru menyimpulkan kembali tentang inti pembelajaran dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari. (religius)
2.      Evaluasi: Tanya jawab secara lisan dan tes tulis (percaya diri, tanggungjawab dan taat aturan)
3.      Refleksi: Bertanya tentang kekurangan pembelajaran hari ini (Jujur, rasa ingin tahu dan peduli social)
4.      Tindak lanjut (penugasan) guru memberikan pekerjaan rumah (Gemar membaca, kerja keras dan tanggung jwaba)
5.      Do'a kafaratul majlis (taat aturan)
6.      Salam (Ma'as salamah) (religius)
·                     Sumber Pembelajaran
1        Al-Qur’an dan terjemahnya
2        Buku Membangun Aqidah dan Akhlak kls VII, Karya T. Ibrahim dan H. Darsono Terbitan Tiga Serangkai Solo
3        LKS Al-Azhar Terbitan CV Putra Kembar Jaya

H.    Assessment/ Penilaian
1. Tes
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø      Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari lingkungan sekitar.
Ø      Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari makhluq ciptaan-Nya
Penugasan



Penugasan
Jawab singkat



Jawab singkat

Ø      Sebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari lingkungan sekitar. ?

Ø      Sebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari makhluq ciptaan-Nya ?

2. Non Tes
INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF ”DISKUSI PANEL”
No
Nama peserta didik
Indikator Perilaku yang dinilai
Jumlah
Skor
Rasional
Komunikasi Lisan
Semangat
Kerja sama
Pengendalian Emosi
Menghargai pendapat



















Keterangan:
Indikator 1     Sangat rasional                                    skor 4
            Rasional                                               skor 3
            Kurang rasional                                    skor 2
            Tidak rasional                                       skor 1
Indikator 2     Komunikasi lisan sangat baik    skor 4
            Komunikasi lisan baik               skor 3
            Komunikasi lisan kurang                       skor 2
            Komunikasi lisan kurang baik   skor 1
Indikator 3     Sangat bersemangat                            skor 4
            Bersemangat                                        skor 3
            Kurang bersemangat                            skor 2
            Tidak bersemangat                              skor 1, dst.

Misalnya  Siswa jumlah skor = 20, maka nilai afektif diperoleh siswa tersebut adalah:
Untuk mememperoleh generalisasi gambaran praktik siswa, maka digunakan pengkatagorian atau menggunakan kelas interval, misal:
90  - 100           = A (sangat baik)
80  -  89            = B (baik)
70  -  79            = C (cukup baik)
60  -  69            = D (kurang baik).
Dari hasil penilaian tersebut disimpulkan siswa tersebut tergolong: Baik

Mengetahui
Kepala Madrasah



Drs. Syaiful Anwar,  M.Pd
NIP. 196410121992031003

     Umbulsari , 16 Januari 2012
Guru Mata Pelajaran Agidah Akhlak



Moh. Badrus Sholeh, S.Pd.I
NIP.19800417 200901 1 009

1 komentar: