Jumat, 27 Januari 2012

RPP BERKARAKTER AQIDAH AKHLAK KELAS VII SEMESTER 2 PERTEMUAN KE 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MTs                            : MTs Negeri Umbulsari
Mata Pelajaran        : AQIDAH AKHLAK
Kelas/Semester      : VII/2
Alokasi Waktu         : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)
Pertemuan ke          : 3

A.     Standar Kompetensi   :  
4.    Memahami Asmaul Husna                      
B.    Kompetensi Dasar      :
4.3.  Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr,   Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
C.    Indikator
1.      Kognetif
·         Mengidentifikasi (C4) perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
·         Menjelaskan (C2) perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
1.      Afektif
a. Karakter
§         Religius (Taat, Tidak mudah putus asa, Istighfar, Tobat, Tawadhu’, qonaah, tidak tamak, syukur, dermawan, ihsan, shiddiq, adil, tadabbur dan tafakkur)
§         Rasa ingin tahu dan antusias
§         Berfikir kritis dan kerja keras
§         Berani dan Mandiri
§         Bersahabat, komunikatif dan Kerjasama
§         Disiplin
§         Jujur
§         Menghargai
§         Bertanggung Jawab
§         Adil
§      Peduli sosial
b.     Keterampilan Sosial
§     Bertanya
§     Memberikan ide atau pendapat
§     Menjadi pendengar yang baik
§     Kerja sama
D.    Tujuan Pembelajaran :
1.      Tujuan Kognetif
Melalui proses pembelajaran ini siswa dapat  
1.      Dapat mengidentifikasi (C4) perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
2.      Dapat menjelaskan (C2) perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
1.      Tujuan Afektif
a.    Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, dan siswa diberi kesempatan melakukan penilaian diri terhadapkesadaran dalam menunjukkan karakter:
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter dapat religius. Diantaranya siswa berkarakter taat, tidak mudah putus asa, Istighfar, Tobat, Tawadhu’, qonaah, tidak tamak, syukur, dermawan, ihsan, shiddiq, adil, tadabbur dan tafakkur
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter rasa ingin tahu dan antusias terhadap materi pelajaran dan hal-hal baru yang belum diketahui.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter Berfikir kritis dan kerja keras. Diantaranya  berfikir kritis dan tidak mudah menyerah dalam tafakkur  menemukan tanda-tanda kebesaran Allah melalui 10 sifat asma’ul husna.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter Berani dan Mandiri diantaranya berani memimpin, berani menyampaikan ide, dan berani menjelaskan ke teman-temannya yg lain  berfikir kritis dan tidak mudah menyerah dalam tafakkur  menemukan tanda-tanda kebesaran Allah melalui 10 sifat asma’ul husna
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter Bersahabat, komunikatif dan Kerjasama. Diantaranya siswa memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan siswa lainnya.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter dapat dipercaya. Diantaranya siswa jujur, mampu mengikuti komitmen, mencoba melakukan tugas yang diberikan, menjadi teman yang baik dan membantu orang lain.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter menghargai. Diantaranya siswa memperlakukan teman/guru dengan baik, sopan dan hormat, peka terhadapperasaan orang lain, tidak pernah menghina atau mempermainkan teman/guru, tidak pernah mempermalukan teman/guru.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter tanggung jawab individu. Diantaranya siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, dapat dipercaya/diandalkan, tidak pernah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannya.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter tanggung jawab sosial. Diantaranya siswa mengerjakan tugas kelompok untuk kepentingan bersama, secara suka rela membantu teman/guru.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter adil. Diantaranya siswa tidak pernah curang, menyontek hasil kerja siswa/kelompok lain, bermain/berbuat berdasarkan aturan, tidak pernah mengambil keuntungan dari yang lain.
§         Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter peduli. Diantaranya siswa peka terhadapperasaan orang lain, mencoba untuk membantu siswa/guru yang membutuhkan.
b.       Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, siswa diberi kesempatan melakukan penilaian diri terhadapkesadaran dalam menunjukkan keterampilan sosial:
§             Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif mengajukan pertanyaan.
§             Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif memberikan ide atau pendapat.
§             Dalam proses pembelajaran di kelas, siswa dapat menjadi pendengar yang baik.
§             Dalam diskusi kelompok, siswa dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok.
E.     Materi Pembelajaran    :
1.      Perilaku-perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
2.      Pengertian perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
F.     Metode Pembelajaran :
Pendekatan        : PAIKEM
Metode                 : Cooperative Learning
Model                   : Snaw balling
Teknik                  :  Ceramah  Brainstroming, diskusi, tanya jawab dan resitasi
1        Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
2        Brainstrormin: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang manfaat  10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
3        Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
4        Tanya Jawab: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
5        Resiatsi : Metode ini digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam pengusaan materi.
G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Tahap Kegiatan
Aktivitas Peserta didik/Guru
A.  Pendahuluan
(10  Menit)
  1. Salam hangat dan apa kabar  (religius, disiplin dan antusias)
  2. Membaca al-fatihah, surat pendek dan berdoa (religius, disiplin dan taat aturan)
  3. Guru mengamati kebersihan dan ketertiban kelas serta melakukan pengecekan kehadiran peserta didik,  tentang kegiatan piket dan kebersihan kelas (Disiplin, Peduli lingkungan dan tanggungjawab)
  4. Menjelaskan kompetensi yang akan dibahas (hormat kepada guru)
  5. Apersepsi: Guru menanyakan materi pembelajaran minggu yang lalu, yang terkait dengan materi pembelajaran minggu ini. (berfikir kritis, ingin tahu, kreatif)
  6. Motivasi (kreatif dan antusias)
B.  Inti
(55 Menit)

1.    Eksplorasi
a.      Guru menyampaikan topik materi yang akan diajarkan. (rasa ingin tahu dan taat aturan)
b.      Minta siswa untuk menjawab secara berpasangan. (Bersahabat, komunikatif dan Kerjasama)
c.      Setelah siswa yang bekerja berpasangan tadi mandapatkan jawaban, pasangan tadi digabung dengan pasangan di sampingnya. Dengan demikian terbentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang. (Bersahabat, komunikatif dan Kerjasama)
d.      Kelompok berempat ini bekerja mengerjakan tugas yang sama seperti dalam kelompok 2 orang. Tugas ini dapat dilakukan dengan membandingkan jawaban kelompok 2 orang dengan kelompok 2 orang lainnya. dalam kegiatan ini perlu dipertegas bahwa jawaban harus disepakati oleh semua anggota kelompok yang baru. (Berfikir kritis, Bersahabat, komunikatif dan Kerjasama)
e.      Setelah kelompok berempat ini selesai mengerjakan tugas, setiap kelompok digabung lagi dengan kelompok berempat lainnya. Dengan demikian sekarang setiap kelompok baru beranggotakan 8 orang. Yang dikerjakan pada kelompok baru ini sama dengan tugas pada langkah ke-4 di atas. Langkah ini dapat dilanjutkan sesuai dengan jumlah siswa dan waktu yang tersedia. (Berfikir kritis, Bersahabat, komunikatif dan Kerjasama)
2.    Elaborasi dan Konfirmasi
  1. Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas. (Percaya diri, berani, dan toleran/menghargai)
  2. Guru akan membandingkan hasil dari masing-masing kelompok kemudian memberikan ulasan-ulasan yang dianggap perlu. (rasa ingin tahu dan taat aturan
C. Penutup
(20  Menit)

1.      Guru menyimpulkan kembali tentang inti pembelajaran dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari. (religius)
2.      Evaluasi: Tanya jawab secara lisan dan tes tulis (percaya diri, tanggungjawab dan taat aturan)
3.      Refleksi: Bertanya tentang kekurangan pembelajaran hari ini (Jujur, rasa ingin tahu dan peduli social)
4.      Tindak lanjut (penugasan) guru memberikan pekerjaan rumah (Gemar membaca, kerja keras dan tanggung jwaba)
5.      Do'a kafaratul majlis (taat aturan)
6.      Salam (Ma'as salamah) (religius)
f.        Sumber Pembelajaran
1        Al-Qur’an dan terjemahnya
2        Buku Membangun Aqidah dan Akhlak kls VII, Karya T. Ibrahim dan H. Darsono Terbitan Tiga Serangkai Solo
3        LKS Al-Azhar Terbitan CV Putra Kembar Jaya

H.    Assessment/ Penilaian
1. Tes
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø      Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perilaku orang yang mengamalkan  10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) yang dapat diteladani oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari
Ø      Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
Penugasan






Penugasan
Jawab singkat




Uraian

Ø      Sebutkan bentuk dan contoh-contoh perilaku orang yang mengamalkan  10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) yang dapat diteladani oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari ?

Ø      Jelaskan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum). ?

B. Non Tes
INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF ”DISKUSI KELOMPOK”
No
Nama peserta didik
Indikator Perilaku yang dinilai
Jumlah
Skor
Tangg. Jawab
Kerja sama
Kedisiplinan
dalam diskusi
Kesopanan
Menghargai pendapat
teman
Kejujuran




























Keterangan:
Indikator 1  Sangat bertanggung jawab                  skor 4
                    Bertanggung jawab                                        skor 3
                    Kurang bertangg jawab                                  skor 2
                    Tidak bertanggung jawab                               skor 1

Indikator 2  Selalu bekerja sama                             skor 4
                    Bekerjsama                                                    skor 3
                    Kurang bekerja sama                         skor 2
                    Tidak mau bekerjsama                                   skor 1

Indikator 3  Sangat disiplin dlm diskusi                               skor 4
                    Disiplin dalam berdiskusi                                skor 3
               Kurang disiplin dalam berdiskusi                    skor 2
               Tidak disiplin dlm bekerja sama                      skor 1
Indikator 4-6 tingkatannya sama dengan di atas.

Jumlah skor maksimum seluruh indikator perilaku = 4 X 6 = 24
Jumlah skor minimum seluruh indikator perilaku    = 1 X 6 = 6
Nilai ideal = 100
Misalnya  siswa, jumlah skor = 20, maka nilai afektif diperoleh siswa tersebut adalah:
Untuk memperoleh generalisasi gambaran perilaku siswa, maka digunakan penggolongan atau menggunakan kelas interval, misal:
90  -  100   = A (sangat baik)
80  -  89     = B (baik)
     70  -  79      = C (cukup baik)
     60  -  69      = D (kurang baik).
Dari hasil penilaian tersebut disimpulkan siswa tersebut tergolong: Baik
Penilaian Kinerja
INSTRUMEN PENILAIAN PRAKTIK PRESENTASI/DEMONSTRASI
No
Nama peserta didik
Indikator Perilaku yang dinilai
Jml
Nilai
Rasional
Komunikasi Lisan
Semangat
Kerja sama
Pengendalian Emosi
Menghargai pendapat




























 
Keterangan:
Indikator 1     Sangat rasional                                    skor 4
            Rasional                                               skor 3
            Kurang rasional                                    skor 2
            Tidak rasional                                       skor 1
Indikator 2     Komunikasi lisan sangat baik    skor 4
            Komunikasi lisan baik               skor 3
            Komunikasi lisan kurang                       skor 2
            Komunikasi lisan kurang baik   skor 1
Indikator 3     Sangat bersemangat                            skor 4
            Bersemangat                                        skor 3
            Kurang bersemangat                            skor 2
            Tidak bersemangat                              skor 1, dst.

Misalnya  seorang siswa jumlah skor = 20, maka nilai afektif diperoleh Dinda adalah:
Untuk mememperoleh generalisasi gambaran praktik Dudi, maka digunakan pengkatagorian atau menggunakan kelas interval, misal:
90  - 100           = A (sangat baik)
80  -  89            = B (baik)
70  -  79            = C (cukup baik)
60  -  69            = D (kurang baik).
Dari hasil penilaian tersebut disimpulkan siswa tersebut tergolong: Baik

Pengamatan
Format Penilaian Sikap Proses Presentasi
Petunjuk:
a.       Amatilah perilaku temanmu dengan cermat pada waktu melakukan diskusi kelompok.
b.      Berilah tanda (P) pada kolom yang sesuai (ya atau tidak) berdasarkan hasil pengamatanmu!
c.       Serahkan hasil pengamatan kepada guru (Aqidah Akhlak) kelas mu!

Daftar Pengamatan Sikap Diskusi Kelompok
Mata Pelajaran: Pendidikan Kewarganegaraan

Nama peserta didik yang diamati : ……………………...............No. Absen: .....  kelas …
No
Perilaku / sikap
Muncul/ dilakukan
Ya
Tidak
1.
Memberi kesempatan teman untuk menyampaikan pendapat


2.
Memotong pembicaraan teman lain


3.
Menyampaikan pendapat dengan jelas


4.
Mau menerima pendapat teman


5.
Mau menerima kritik dari teman


6.
Memaksa teman untuk menerima pendapatnya


7.
Menyanggah pendapat teman dengan sopan


8.
Mau mengakui kalau pendapatnya salah


9.
Menerima kesepakatan hasil diskusi


10.
Memberikan argumentasi berdasarkan keilmuan dan atau realita


                                                                                    .............. , .........................,



                                                                                    Nama dan Tanda Tangan pengamat
                                                                            .........................................
Penskoran :
1.      Setiap nomor apabila dijawab ”ya” mendapat nilai 10 kecuali nomor 2 dan 6.
2.      Nomor 2 dan 6 apabila dijawab ”ya” mendapat nilai 0, dan apabila dijawab ”tidak” mendapat nilai 10
3.      Jumlah nilai maksimal adalah 100.


Mengetahui
Kepala Madrasah



Drs. Syaiful Anwar,  M.Pd
NIP. 196410121992031003

     Umbulsari , 25 Januari 2012
Guru Mata Pelajaran Agidah Akhlak



Moh. Badrus Sholeh, S.Pd.I
NIP.19800417 200901 1 009